Senin, 08 Maret 2010

Teknologi Vs Permainan Jaman Dulu ( JADUL )

Dalam dunia anak-anak bermain adalah saat yang paling menyenangkan . anak-anak akan merasa senang dan bahagia apabila seluruh waktunya dihabiskan untuk bermain. Menurut para Ahli, dengan bermain anak-anak akan mulai membentuk kepribadiannya.

Tetapi perlu di ingat walaupun kita memberi kebebasan pada anak untuk bermain, kita tetap harus selalu mengawasi anak-anak kita dalam bermain. Kita sebagai orang tua harus bisa membedakan mana permainan yang baik untuk perkembangan untuk anak dan mana permainan yang belum saatnya anak untuk bermain.

Dulu dengan sekarang memang berbe dajauh. Pada waktu jaman dulu semua permainan berasal dari kreatifitas anak-anak itu sendiri dan jauh dari yang namanya teknologi. Permainan mereka ciptakan sendiri ataupun beramai-ramai sehingga tercipta permainan yang sangat asik dan ramai kalau dimainkan. Kita lihat saja permainan yang melegenda bagi anak-anak, permainan Petak Umpet. Permainan itu sebenarnya sangat sederhana yang tidak membutuhkan teknologi dan permainan itu pun sudah terkenal sampai ke penjuru tanah air.
Akibat dari perkembangan teknologi, permainan jadul mulaitergeser oleh permainan yang menggunakan teknologi. Yang sekarang mulai marak Playtasion, Game Online, dan masih banyak permainan yang menggunakan teknologi.

Menurut surve yang dilakukan, bukan tidak mungkin 5-6 tahun kedepan permainan jadul tidak lagi dapat kita lihat. Dan itu membuktikan mulai hilangnya ciri khas anak-anak Indonesia dalam hal permainan anak.

Nah ini adalah sebuah PR bagi kita agar permainan jadul dan teknologi bisa berjalan berdampingan. Agar dunia anak jadi lebih asik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar