Senin, 01 Maret 2010

MelawanOsteoporosis Dengan Minuman Kedelai.

Osteoporosis adalah penyakit yang berhubungan dengan tulang, penyekit ini ada dua, yaitu Osteoporosis dan Osteoarthritis. Penderita kedua penyakit ini biasanya mengalami nyeri dan sakit pada tulang dan persendian. Pada umumnya orang pada usia lanjut dan wanita pasca menopause rentan pada penyakit yang sering juga disebut rematik ini. Pada Osteoporosis, kwalitas masa tulang menurun atau keropos dan mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Hormon Estrogen yang berfungsi mempertahankan massa tulang pada periode pasca menopause mengalami disfungsi.
Efek samping obat memang mengkwatirkan, oleh karena itu para ahli kesehatan dunia saat ini merekomendasikan konsumsi susu kedelai bagi penderita osteoporosis. Mengapa dan bagaimana kedelai bermanfaat untuk tulang ?
Sementara serbuk minuman kedelai mengandung kalsium 3 kali lipat lebih tinggi dan mampu mempertahankan kadarnya untuk mencegah keropos tulang. Isoflavon kedelai dapat memperkuat massa tulang. Sedangkan senyawa genistin kedelai mempunyai efek pencegah keropos tulang, lebih baik dari premarin. Demikian kesimpulan penelitian Dr. John Anderson dari University of Nort Carolina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar