Jumat, 19 Maret 2010

Banjir Sungai Bengawan Solo, Bikin Bergoyang

Musim penghujan telah datang. Antisipasi dari pemerintah mengenai bahaya musim penggujan telah dilakukan. Mulai dari membersihkan sungai-sungai dari sampah sampai memberi peringatan akan bahaya tanah Longsor terus dilakukan. Menurut BMG, hujan akan mengguyur pulau jawa beberapa hari ini. Di perkirakan curah hujan akan naik dibanding dengan hari sebelumnya. Oleh sebab itu masyarakat di minta waspada dengan bahaya musim penggujan. Terutama bagi masyarakat yang tempat tinggalnya merupakan Tempat yang rawan banjir dan tanah longsor.Kita lihat aja salah satu sungai terbesar di jawa. Sungai bengawan solo. Sudah beberapa hari ini mulai menunjukkan keganasannya. Debit air semakin meningkat seiring dengan tingginya curah hujan. Kalau curah hujan semakin tinggi bukan tidak mungkin daerah hilir sungai bengawan solo akan terendam Banjir.

Untuk mengantisipasi datangnya air yang tiba-tiba, pemerintah lewat dinas terkait telah memasang alarem-alarem tanda bahaya yang di pasang di tempat-tempat strategis. Hal itu bertujuan agar masyarakat yang tinggal di sekitar sungai bengawan solo bisa mengetahui kalau ada air bah datang.

Sebagai contoh di tahun 2008. akibat curah hujan yang sangat tinggi sungai bengawan solo tidak lagi bisa menampung debit air yang sangat besar itu. Dan ini menyebabkan daerah-daerah yang rawan khususnya yang dekat dengan sungai terkena bebcana banjir. Menurut informasi di daerah yang landai banjir bisa mencapai atap rumah.

Dari Goyangan bengawan solo itu masyarakat mengalami kerugian baik harta benda , pertanian bahkan sampai nyawa melayang. Oleh sebab itu kita harus tetap waspada terhadap cuaca seperti ini bukan tidak mungkin banjir akan dating tiba-tiba.

He..he..he.tapi jangan kwatir, ini ada sekedar tips Tentang mengatasi banjir.
1. Belajar berenang..!
2. Sedia Ban dalam yang sudah di isi angina
3. Waspada terhadap cuaca.
4. Selamatkan Harta benda yang berharga



2 komentar:

  1. ditempatku lagi musim panas,
    bengawan solo malah menunjukkan tanda-tanda
    kegundahannya.
    hmmm fenomena alam yg berbeda di lain daerah ya

    BalasHapus
  2. awas kegoyang bisa hanyut tuh,memang alam kini mulai enggan bersahabat lagi dengan kita,coba kita tanya saja pada rumput yang bergoyang,..........

    BalasHapus